Langsung ke konten utama

Paket JNE untuk Kosumen yang Bahagia dan Kreatif

 


Setuju atau tidak, menerima paket dari kurir menjadi hal menyenangkan, apalagi jika kiriman tersebut sudah ditunggu berhari-hari. 


Dulu saya punya saudara yang bekerja di  luar kota. Jika dia baru pulang travelling dan sering membeli suvenir khas daerah setempat, dia sering kasih kabar. 


“Eh, aku baru pulang liburan, lho. Nih, ada suvenir lucu-lucu dari dari sana. Mau?” Begitu dia bertanya melalui telepon sambil mengirimkan foto benda yang dimaksud. 


Wow, suvenirnya memang bagus banget. Namanya suvenir secara fungsi palingan cuma jadi pajangan di rumah. Namun, benda tersebut enggak dijual pada sembarang tempat. Toh, benda bukan cuma dilihat dari fungsinya saja, tapi juga dari segi estetika. Jadi, apa alasan menolaknya?


Beberapa hari kemudian, pak kurir sudah mampir di depan rumah. Sambil tersenyum-senyum seperti mendapatkan rezeki nomplok dari langit,  saya menerima paketnya. Akhirnya, bertambah juga koleksi benda pajangan di rumah. 




Tetapi, bukan hanya saya saja yang senang menerima paket. Saudara saya di sana juga begitu. Jika dia ingin sesuatu, apalagi jika rindu kampung halaman, pasti memberi kabar minta tolong dikirimkan. 


“Aku udah lama, lho, gak bisa pulang. Dalam waktu dekat ini pun belum tentu bisa balik. Biasalah, banyak kerjaan sekarang. Mau kirimin aku makanan?” tanyanya. 


Umumnya dia minta dikirimkan bahan pangan yang kering dan tahan lama, seperti ikan teri atau kopi bubuk. Nah, agar pesanannya aman sampai tujuan, tentu perlu jasa pengiriman paket berpengalaman. Ya, supaya barang impian bisa sampai di tempat tujuan dengan aman dan tepat waktu.


Ternyata paket bisa berfungsi sebagai pengobat rindu kampung halaman. Meskipun enggak bisa pulang, tapi ada barang-barang khas yang menjadi pengobat rindu. Jika rindu terobati, maka hati menjadi bahagia, kan? 


Buktinya, beberapa hari kemudian saudara saya mengabarkan kalau paketnya sudah sampai. Di sana saudara saya senang sekali karena sudah bisa menyajikan sambal teri yang lezat. Sore hari, dia menyeduh secangkir kopi hangat berkat paket yang tiba tepat waktu. 


Mengasah Kreativitas melalui Paket 

Apakah paket hanya untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat atau teman yang terpisahkan oleh jarak? Ya, nggaklah. Paket juga bisa mengasah hobi agar lebih tajam dan kreatif. 




Dulu ketika online shop (olshop) belum menjamur seperti sekarang, sulit menemukan buku idaman, apalagi jika tinggal di daerah. Meskipun sudah pergi ke toko buku terbesar sekaligus ternama, konsumen harus puas dengan buku yang tersedia. Terkadang sudah bolak-balik ke toko tersebut, tetap saja buku impian masih dalam angan-angan. 


Akhirnya, saya sering minta dikirimin sama saudara yang tinggal di ibukota. Biasanya, permintaan saya pasti ketemu dan enggak pernah meleset. Persediaan buku di ibukota memang paten dan jarang mengecewakan. Nah, dalam situasi begini, pak kurir pengantar paket kembali berjasa. 


Terus, apakah sering minta dikirimin barang sama saudara? Enggaklah, harus tahu diri juga. Jangan sampai merepotkan orang lain. Walaupun waktu itu belum ada olshop, tapi website toko buku ternama bisa, kok, diandalkan. Cuma, ada ongkos kirim yang lumayan karena saya berdomisili cukup jauh dari ibukota. 


Supaya enggak memberatkan, maka saya pesan beberapa buku sekaligus. Toh,  membeli satu dengan beberapa buku sama saja ongkos kirimnya. Lagi pula yang namanya hobi, senang saja melakukan. Semua dikerjakan tanpa beban berarti. Jadi, #GassTerusSemangatKreativitasnya, salah satunya dengan cara mengikuti #JNEContentCompetition2024


Kemudian pak kurir kembali datang membawa pesanan saya. Kalau dibilang rugi karena harus membayar ongkos kirim, kayaknya enggak juga. Jika dihitung-hitung, ongkirnya sama kok, dengan biaya bolak-balik ke toko buku dengan hasil nihil. Jadi,  impas ongkir dengan fungsi buku tersebut. 


Melalui jasa ekspedisi pengiriman, konsumen dibantu memperoleh barang yang dibutuhkan. Jadi, bisa menajamkan hobi dan kreativitas. Semua tergantung konsumen memfungsikan jasa ekspedisi. Apakah untuk bersilaturahmi mengirimkan paket pada kenalan, mendukung pekerjaan atau hobi, hingga sekadar transaksi konsumtif. 


Kesimpulannya, berkat pak kurir, hati bahagia ketika paket kiriman tiba di pintu rumah. Nah, sekarang tinggal mencari jasa ekspedisi yang tepat agar paket aman sampai tujuan.


PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) pas sebagai rekomendasi untuk mengirim beragam paket. #JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, bahkan sudah berpengalaman sampai ke luar negeri. Yuk, simak kriteria singkat dari perusahaan yang menawarkan beragam jenis layanan ini.



Salah satu gerai JNE 


Sejarah Singkat JNE

JNE didirikan pada 26 November 1990 oleh Soeprapto Suparmo. Jadi, JNE telah lebih 33 tahun malang melintang dalam bisnis ekspedisi.  Perusahaan membawa visi untuk menjadi jasa logistik terkemuka dalam negeri, dengan daya saing global. Sedangkan misi perusahaan bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik secara konsisten bagi semua pelanggan. 


Pada awal berdiri, JNE fokus pada penanganan pabean dan pengiriman barang serta dokumen, dari luar negeri ke Indonesia. Nah, sekarang JNE fokus pada pengiriman dalam negeri, bahkan sudah mencakup hingga ke seluruh nusantara. 


Jenis-jenis Layanan Paket JNE

Ada beragam jenis layanan yang disediakan oleh JNE. Konsumen tinggal memilih sesuai kebutuhan. Supaya lebih jelas, berikut variasi layanan ekspedisi yang ditawarkan.  


Super Speed (SS)

Sesuai namanya, layanan ini menawarkan pengiriman dalam waktu yang super cepat, yaitu kurang dari 24 jam pada kota-kota tertentu. Jadi kalau mau mengirim paket sangat penting, layangan ini layak direkomendasi. Khusus Super Speed, JNE bersedia mengembalikan biaya pengiriman jika paket tidak tiba pada tujuan seperti perjanjian awal. 


Yakin Esok Sampai (YES) 

Layanan ini menjamin kalau paket yang dikirim hari ini, yaitu sebelum pukul 12 siang, tiba esok hari. Walaupun esok bersamaan dengan hari merah atau libur nasional, paket tetap tiba sesuai jadwal. Namun, layanan YES juga baru berlaku pada daerah tertentu.


Regular (REG)

REG umumnya digunakan oleh mayoritas konsumen. Pengiriman paket diperkirakan tiba dalam 1 – 7 hari yang disesuaikan dengan daerah tujuan. Jangkauan REG memang lebih luas, yaitu mencakup seluruh Indonesia. Tetapi, layanan ini tidak memberikan jaminan biaya pengiriman kembali.


Ongkos Kirim Ekonomis (OKE

Untuk konsumen yang mau mengirimkan paket yang enggak diburu waktu, dapat menggunakan layanan OKE. Paket kiriman ini menjangkau daerah lebih luas dengan biaya yang lebih murah. Namun, durasi pengiriman paket tentu lebih lama. 




JNE Trucking

Layanan ini sesuai bagi konsumen yang perlu mengirimkan barang-barang dalam ukuran yang lebih berat, besar, dan jumlah massal. Dengan harga yang lebih terjangkau, konsumen sudah dapat mengirimkan paket dengan aman, nyaman, dilindungi asuransi,  dan terlacak hingga sampai ke tujuan. 


JNE Logistics

Sama seperti JNE Trucking, layanan ini cocok untuk konsumen yang ingin mengirimkan barang dalam jumlah besar dan ukuran berat. Bedanya, layanan ini didukung dengan sistem manajemen modern, seperti Warehouse Manajemen System (WMS), Transportation Management System (TMS), dan Inventory Management System (IMS). Semua sistem ini menjamin paket aman selama perjalanan dan tiba di tempat tujuan tepat waktu. 


JNE Freight

Pengiriman paket ini ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan jasa pengiriman ekspor internasional. Layanan ini mencakup 220 negara dengan fasilitas yang meliputi persyaratan pengiriman, kepabeanan, serta memonitor barang hingga sampai dengan aman ke tempat tujuan. 


JNE City Courier

Layanan ini ditujukan bagi konsumen yang butuh jasa kurir pengiriman paket dalam kota. Paket dikirimkan kurang dari 24 jam (hanya 1 hari). JNE City Courier memberikan asuransi atas kerusakan dan kehilangan barang selama perjalanan. 


Lima Alasan Memilih Layanan JNE 

Banyak pengiriman paket yang menawarkan beragam sistem pelayan untuk konsumen. Semua mengklaim sebagai yang terbaik. Tetapi, di balik pasar yang semakin kompetitif, JNE menawarkan beberapa keunggulan kepada konsumen. 





Harga Bersaing

JNE menawarkan beragam pelayanan yang konsisten berkualitas demi kepuasan konsumen. Jenis pengiriman paket yang diinginkan tinggal dipilih sesuai kebutuhan. Jika perlu pengiriman dokumen penting yang cepat dan segera tiba pada tujuan, ada Super Speed (SS) dengan jaminan uang kembali, bisa menjadi pilihan. Sebaliknya, kalau hanya mengirim suvenir seperti pengalaman saya di atas, cocok menggunakan pengiriman Reguler (REG) dengan harga terjangkau.


Jangkauan Lebih Luas

JNE telah menjangkau hampir seluruh nusantara dengan area distribusi sudah menjangkau lebih dari 83.000 kota, yang mencakup kabupaten, desa, hingga pulau terluar. Sedangkan gerai penjualan JNE berjalan pada 8.000 titik dengan 50.000 karyawan yang tersebar di seluruh cabang Indonesia. 


Tersedia Aplikasi My JNE

Melalui aplikasi My JNE,  konsumen bisa mengecek ongkir, melihat promo yang sedang berlaku, hingga melacak pengiriman barang. Hanya dari ponsel di tangan, paket yang dikirim dengan jenis layanan pilihan dapat sampai di tujuan dengan aman. Untuk menggunakan aplikasinya, konsumen bisa mengunduh di App Store atau Play Store. 


Pada aplikasi ini, konsumen bisa mengajukan pertanyaan melalui fitur Ask Joni. Pertanyaan tersebut akan direspon melalui jalur telepon ataupun email. Bagian Custumor Service senantiasa siap sedia menangani pertanyaan konsumen.




Berpengalaman dan Berinovasi

#JNE33tahun sudah mengecap beragam pengalaman sejak berdiri pada 1990 silam. Mulai awal berdiri, perusahaan fokus sebagai layanan yang khusus mengirim barang ke luar negeri. Sekarang JNE telah berinovasi menjadi kurir pengiriman barang terkemuka dalam negeri. 


Berbagi Perhatian melalui Pengiriman Paket

Siapa yang paling perlu mendapatkan perhatian? Siapa lagi kalau bukan orang-orang terdekat. Terkadang mereka tinggal berjauhan dari kita. Mengunjungi para kerabat ini bisa terhalang oleh jarak, waktu, kesibukan, hingga biaya perjalanan. 


Tetapi, memupus rindu bukan berarti harus langsung bertemu. Mengirimkan barang-barang kesukaan melalui kurir paket, bisa menunjukkan perhatian kita pada mereka. Siapa tahu dengan hadiah pemberian kita, mereka menjadi bahagia dan bisa semakin kreatif. 



Mengirim paket untuk kerabat



Soal kurir, JNE siap mengantar paket ke seluruh nusantara. Di tengah menjamurnya ekspedisi pengiriman, JNE tetap berbenah pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Perusahaan berfokus pada kepuasan konsumen, bukan sekadar meraih nama besar pada industri pelayanan ekspedisi. 


Pada era digital, JNE terus berinovasi agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Pasar semakin kompetitif, bergerak cepat, dan sulit diprediksi, tapi JNE terus gesit bergerak menerobos tantangan. Kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen merupakan prinsip perusahaan, agar tetap eksis melayani masyarakat. 


Jadi, masih menunggu untuk silaturahmi melalui paket bersama kerabat? Kapan lagi bisa #ConnectingHapiness dengan kerabat kalau bukan sekarang  Sebaiknya, maksimalkanlah kesempatan ini. Jangan sampai waktu terlewatkan dan menyesal kemudian.


Dengan bersilaturahmi dan berkarya,  kiranya kita semua bisa bahagia, semakin kreatif dan tetap sehat. 



Referensi :


  • https://logisticsbid.com/jenis-layanan-jne-pengiriman-paket-cargo/, Penulis : Andi Saputera, 24 Juni 2024.


  • https://www.liputan6.com/hot/read/4185163/6-jenis-paket-pengiriman-jne-yang-sering-digunakan-pilih-sesuai-kebutuhan?page=4, Penulis : Husnul Abdi, 22 Februari 2020, Pukul 13.48 WIB. 


  • Website resmi JNE, jne.co.id


  • Foto koleksi3 pribadi 


  • Ilustrasi diedit oleh Canva Free 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prioritaskan Kesehatan Mata Sebagai Investasi Seumur Hidup

Kaca mata identik dengan orang tua dan kakek nenek lansia. Penglihatan yang mulai mengabur karena faktor usia ataupun penyakit, membuat para warga senior banyak yang bermata empat. Namun, apa jadinya kalau anak-anak sudah menggunakan kaca mata? Berkaca mata sejak usia 12 tahun, saya paham bagaimana risihnya dulu pertama kali memakai benda bening berbingkai ini. Saat masuk ke kelas, ada beragam tatapan dari teman-teman, mulai dari yang bingung, merasa kasihan, sampai yang meledek.  "Ih, seperti Betet!" Begitu gurauan seorang anak diiringi senyum geli. Hah, Betet? Sejak kapan ada burung Betet yang memakai kaca mata.  Cerita beginian cuma ada di kisah dongeng. Terlalu berlebihan. Candaannya diabaikan saja Waktu itu,  bukan perkara mudah menjadi penderita rabun jauh atau miopia. Apalagi di sekolah saya tidak banyak anak yang memakai kaca mata. Kalau kita beda sendiri, jadi kelihatan aneh.  Padahal, siapa juga yang mau terkena rabun jauh? Walaupun risih, keluhan mata tidak boleh

Konservasi Hutan untuk Ekonomi Hijau bersama APRIL Group

Gerakan ekonomi hijau atau Green Ekonomy mulai disosialisaikan oleh United Nation Environment Program (UNEP) pada tahun 2008. Konsep ini menitikberatkan pada kegiatan ekonomi untuk kemajuan negara, dengan memperoleh keuntungan bersama antara produsen dan konsumen, tanpa merusak lingkungan. Salah satu lingkungan yang dipantau adalah hutan. Sebagai salah satu pabrik pulp dan kertas terbesar di dunia,  pengalaman APRIL Group , melalui anak perusahaannya PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Pangkalan Kerinci, Riau, Indonesia, dapat menjadi referensi untuk pelestarian lingkungan. Perusahaan tetap konsisten mengelola pabrik, tanpa mengabaikan alam, bahkan  melalui program APRIL2030 , ikut meningkatkan  kesejahtearaan masyarakat  dan turut mengurangi emisi karbon . Yuk, kita simak aktivitas ekonomi hijau bersama perusahaan ini. Ekonomi Hijau untuk Menjaga Keanekaragaman Hayati  Sumber : Pixabay  Konservasi Hutan untuk Mencegah Deforestasi Setiap tahun, perusahaan mampu memproduksi 2,8 jut

Ketika Konten Blog Menggeser Sistem Marketing Jadul

Dahulu kala ketika internet belum semasif sekarang, rumah sering didatangi Mbak-mbak atau Mas-mas  berpenampilan menarik. Dengan senyum menawan, mereka mengulurkan tangan menawarkan produk dari perusahaannya. "Maaf, mengganggu sebentar. Mari lihat dulu sampel produk kami dari perusahaan XYZ." Begitu mereka biasanya memperkenalkan diri. Mayoritas pemilik rumah langsung menggeleng sambil meneruskan aktivitasnya. Sebagian lagi acuh sembari mengalihkan perhatian. Ada juga yang masuk ke rumah dan menutup pintu. Respon para salesman tersebut pun beragam. Beberapa orang dengan sopan berlalu dari rumah, tapi ada pula yang gigih terus mendesak calon konsumen.  Walaupun upayanya nihil karena tetap dicuekin. Saat dulu masih kanak-kanak, saya pernah bertanya pada orang tua. Kenapa tidak membeli produk dari mereka? Kasihan sudah berjalan jauh, terpapar sengatan sinar matahari pula. Mereka pun sering diacuhkan orang, bahkan untuk salesgirl beresiko digodain pria iseng. Jawaban orang tua